Jasa Orang - Orang Ini pada Lingkungan Patut Dicontohkan

Posted By aksilingkungan.com on Wednesday, March 1, 2017 | 10:23 PM

AksiLigkungan.com - Setiap orang yang telah melakukan sesuatu yang bermanfaat tentu patut dihargai. Apalagi mereka yang melestarikan lingkungan khususnya flora dan fauna yang menjadi kekayaan alam bangsa. Berikut ini adalah Bebarapa orang yang telah yang dinilai berjasa dan berjuang untuk lingkungan sebagai pembina, perintis, penyelamat, dan pengabdi lingkungan pada tahun 2009. sehingga  diberikan Tanda Kehormatan "Satyalancana Pembngunan" Tahun 2009


Nama: Sarni

Jasa: Berhasil melakukan penyelamatan sumber mata air yang berasal dari Gunung Lawu yang merupakan pemasok utama air ke telaga sarangan dan mengairi perkebunan sayur milik masyarakat melalui kegiatan penyuluhan hemat air pada musim kemarau dengan sprinker dan pembuatan kompos dari sampah, daun atau sayur yang dikumpulkan di sekitartelaga sarangan, sehingga kegiatan tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat .



Nama: Nikodemus Manu
Jasa: Berhasil melakukan pelestarian dan perlindungan hutan melalui pengawasan secara rutin dan bergerak cepat menindaklanjuti laporan-laporan dari masyarakat yang berkenaan dengan kegiatan pencurian dan perusakan lingkungan di sekitarnya, sehingga masyarakat menyegani dan mendukung upaya pencegahan pencurian serta perusakan lingkungan di Taman Nasional Manupeu Tanadaru.



Nama: Drs. Daniel Woda Pall
Jasa: Berhasil menggerakkan masyarakat melakukan kegiatan penghijauan dengan iamtoronisasi dan tanaman perkebunan seperti mete, coklat, cengkeh, dan Iain-Iain serta menjaiin kerjasama dengan daerahdaerah di luar NTT untuk pengadaan bibit tanaman unggul yang dapat dikembangkan di Kab. Sikka, sehingga lahan kritis milik masyarakat yang semula tandus dan selalu longsor menjadi daerah yang subur dan mampu meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat di Kab. Sikka.



Nama: Maman Supirman

Jasa: Berhasil melakukan pelestarian lingkungan melalui kegiatan penyuluhan kepada masyarakat sekitarnya sehingga mampu mengubah perilaku pola pertanian tanaman sayur-sayuran ke pola perkebunan campuran dengan teknik konservasi terasiiing, pelatihan pembibitan, dan pertanian organik, serta pembinaan pemuda dan pelajar peclnta alam sebagai pejuang pembela lingkungan melalui Aktivis Anak Rimba dan dipercaya untuk mendampingi relawan NGO konservasi lingkungan di Rotherdam, Belanda selama 2 tahun.


Nama: Jeffelin Milka Gumolung, S.H.
Jasa: Berhasil mengembangkan 128 satwa dari 33 jenis dengan upaya merawat dan memberi makan satwa, serta melakukan penghijauan di lahan miliknya seluas 2 ha yang berguna bagi kelangsungan kehidupan dan populasi satwa, sehingga bermanfaat sebagai objek wisata, tempat pendidikan lingkungan, penelitian satwa, dan menciptakan lapangan kerja untuk para perawat satwa, serta aktif secara konsisten melakukan penyuluhan dan pendidikan lingkungan kepada anak-anak sekolah.



Nama: Pramugi Prawiro Wijoyo
Jasa: Berhasil melakukan pelestarian lingkungan di sekitar Bendung Kedung Blungun melalui penanaman pohon jati, mahoni serta tanaman hortikultura dan melakukan pengaturan arus air ke lahan persawahan milik masyarakat di sekitar dan pembuatan pupuk kompos, serta mengembangkan ternak kambing, sehingga meningkatkan perekonomian warga Desa Sambongrejo dan desa sekitarnya.



Nama: H. Maming
Jasa: Berhasil melakukan pelestarian lingkungan di lereng dan lembah hulu Sungai Kelara melalui kegiatan penghijauan dengan menanam berbagai tanaman produktif, jenis tanaman kehutanan dan tanaman tumpang sari seperti durian, kemiri, nangka, merica, rambutan, iamtoro dan tanaman kayu lokal, sehingga tampak hijau, kelestarian mata air terjaga dan terhindar dari bencana tanah longsor dan dapat dijadikan obyek wisata alam serta studi lapangan bagi mahasiswa.


Nama: Prof. Dr. Birute H.F. Galdikas
Jasa: Berhasii melestarikan lingkungan hidup dengan melestarikan satwa langka (Orangutan), mendirikan Pusat Perawatan dan Karantina Orangutan (OCCQ) sebagai tempat merehabilitasi Orangutan dan mengembaiikan ke habitat asalnya, dan bekerjasama dengan Yayasan World Education melakukan penyuluhan/diklat serta publikasi kepada masyarakat sekitar TN Tanjung Putting dalam melestarikan Orangutan.


Blog, Updated at: 10:23 PM

0 comments:

Post a Comment