Satya Lencana bidang Lingkungan Hidup

Posted By aksilingkungan.com on Wednesday, March 1, 2017 | 9:42 PM

AksiLingkungan.com - Salah Satu dari tanda kehormatan yang bisa di dapat dari orang yang berjasa di sektor lingkungan hidup adalah Tanda kehormatan Satya Lencana bidang Lingkungan Hidup diberikan kepada orang yang dinilai berjasa dan berjuang untuk lingkungan sebagai pembina, perintis, penyelamat, dan pengabdi lingkungan. Salah satu penerima Tanda kehormatan Satyalencana bidang Lingkungan Hidup tahun 2014 adalah Jaro Dainah, Kepala Desa Kenekes Kecamatan Leuwidamar, Jaro Dainah dinilai mempunyai andil yang besar dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup yang ada di kawasan Baduy.

Foto: Penerima Satya Lencana bidang Lingkungan Hidup
Suku Baduy mempunyai areal yang dijadikan hutan lindung.Hutan lindung berfungsi sebagai areal resapan air. Pepohonan di areal ini tidak boleh ditebang untuk dijadikan apa pun, termasuk untuk ladang. Hutan ini juga membantu menjaga keseimbangan air dan kejernihan air di Baduy, terlebih di Baduy Dalam.

Kesadaran masyarakat Baduy terhadap lingkungan hidup, khususnya dalam menjaga kelestarian hutan dan air sungguh luar biasa. Ada di sana ada pikukuh (adat yang kuat) yang diturunkan dari generasi ke generasi. Salah satu pikukuh itu berbunyi ”Gunung teu meunang dilebur, Lebak teu meunang diruksak, Larangan teu meunang dirempak, Buyut teu meunang dirobah, Lojor teu meunang dipotong, Pondok teu meunang disambung”.
Blog, Updated at: 9:42 PM

0 comments:

Post a Comment